OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

3/04/2018

Hebatnya Khasiat Buah Delima untuk Kesehatan

Hebatnya Khasiat Buah Delima untuk Kesehatan - Sebagai salah satu buah yang berasal dari alam, delima memiliki berbagai macam kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah delima atau pomegranate mengandung vitamin C, K, E, B kompleks, antioksidan, mineral seperti fosfor, kalsium, dan potasium. Selain rasanya yang enak, warna buah delima yang merah merekah membuat buah ini selalu diminati banyak orang. Tak hanya daging buah, biji dan kulitnya pun berkhasiat. Berikut berbagai khasiat buah delima untuk kesehatan :

Hebatnya Khasiat Buah Delima untuk Kesehatan - Sebagai salah satu buah yang berasal dari alam, delima memiliki berbagai macam kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah delima atau pomegranate mengandung vitamin C, K, E, B kompleks, antioksidan, mineral seperti fosfor, kalsium, dan potasium. Berikut berbagai khasiat buah delima untuk kesehatan:  a. Mampu menurunkan kolesterol   Berbagai hasil penelitian beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa buah delima dapat menurunkan kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara teratur selama tiga tahun.  b. Menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung  Salah satu khasiat buah delima untuk kesehatan adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).  c. Menjaga kesehatan gigi  Khasiat buah delima untuk kesehatan juga mampu untuk menjaga kesehatan gigi Anda.   d. Mencegah terjadinya anemia  Tidak hanya menurunkan tekanan darah, buah delima juga dapat mengurangi risiko terkena anemia.  e. Meningkatkan daya tahan tubuh  Khasiat buah delima untuk kesehatan yang tak kalah penting lainnya adalah mampu memperkuat dan meningkatkan daya tahan tubuh.   f. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer  Buah delima juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer.  Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan dan Ibu Hamil  Selain khasiat buah delima untuk kesehatan, masih terdapat manfaat dari buah delima untuk kecantikan dan khususnya ibu hamil.
Buah Delima

a. Mampu menurunkan kolesterol 
Berbagai hasil penelitian beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa buah delima dapat menurunkan kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara teratur selama tiga tahun. Buah delima tersebut dapat dikonsumsi dengan dijadikan menjadi jus delima. Kandungan antioksidan dalam buah delima dapat menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh serta menurunkan risiko berbagai penyakit seperti kanker prostat.

b. Menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung
Salah satu khasiat buah delima untuk kesehatan adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Hipertensi dapat menimbulkan penyakit lainnya seperti stroke dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan polifenol dalam buah delima dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Meminum jus buah delima selama minimal dua minggu secara rutin dapat membantu menurunkan hipertensi. Selanjutnya, manfaat secara menyeluruh yang dapat dirasakan juga berpengaruh pada kesehatan jantung karena aliran darah ke jantung juga lancar. Oleh karena itu buah delima dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

c. Menjaga kesehatan gigi
Khasiat buah delima untuk kesehatan juga mampu untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Melalui pemanfaatan ekstrak delima untuk berkumur, dapat mencegah pembentukan plak pada gigi. Ekstrak buah delima yang bersifat anti bakteri ini dapat mencegah penyebab penyakit mulut sehingga kesehatan gigi dapat terjaga.

d. Mencegah terjadinya anemia
Tidak hanya menurunkan tekanan darah, buah delima juga dapat mengurangi risiko terkena anemia. Jika mengonsumsi buah delima secara rutin dapat membantu mencegah anemia dan juga kelelahan. Hal itu disebabkan dengan adanya kandungan zat besi dari buah delima yang dapat menjaga aliran darah yang sehat.

e. Meningkatkan daya tahan tubuh
Khasiat buah delima untuk kesehatan yang tak kalah penting lainnya adalah mampu memperkuat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat menangkal radikal bebas yang mampu menimbulkan berbagai penyakit. Apabila rajin mengonsumsi buah delima dengan cara apapun dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

f. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer
Buah delima juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer. Bagi yang sudah menderita penyakit tersebut juga masih dapat merasakan manfaatnya karena kandungan di dalam buah delima dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit ini.Itulah beberapa khasiat buah delima untuk kesehatan yang dapat mencegah risiko munculnya berbagai penyakit.

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan dan Ibu Hamil
Selain khasiat buah delima untuk kesehatan, masih terdapat manfaat dari buah delima untuk kecantikan dan khususnya ibu hamil. Bagi ibu hamil, dengan mengonsumsi buah delima dapat melindungi otak bayi pada saat memasuki masa kelahiran. Selain itu, mengonsumsi jus buah delima juga dapat meredakan kaki kejang yang biasa dialami ketika hamil. Sementara manfaat buah delima untuk kecantikan yaitu dapat menghilangkan jerawat dan menyegarkan wajah. Buah delima tersebut diambil kulitnya untuk dikeringkan, lalu ditumbuk halus dan ditambahkan jeruk nipis untuk dioleskan pada wajah secara teratur. Selamat mencoba !

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top