OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

3/07/2018

5 Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

5 Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan - Buah nanas merupakan buah tropis dengan rasa manis dan sedikit asam. Mungkin untuk beberapa orang ada yang menghindari buah ini. Namun nanas mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Di dalam buah nanas terkandung beragam vitamin dan juga serat yang baik untuk tubuh. Khasiat buah nanas untuk kesehatan bisa mencegah beberapa penyakit, seperti kanker. Selain itu, ada banyak manfaat lain seperti beberapa manfaat buah nanas berikut ini.

Khasiat Buah Nanas - Buah nanas lebih banyak dikonsumsi dalam bentuk jus atau selai, padahal nanas segar memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah nanas.    1. Mencegah kanker  Nanas mengandung senyawa mangan yang cukup tinggi. Senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk menghambat atau menangkal efek buruk dari radikal bebas.  2. Membantu melancarkan pencernaan  Buah nanas dapat membantu pencernaan Anda lebih baik. Buah dengan warna kuning terang tersebut mengandung serat cukup tinggi. Buah nanas dapat memperlancar pencernaan dan buang air besar.  3. Pencegahan katarak Penyakit katarak sering dialami oleh orang lanjut usia.  4. Mengurangi kadar gula berlebih  Buah nanas yang mengandung vitamin B1 dipercaya dapat mengubah gula menjadi energi.  5. Pencegahan penyakit pernafasan  Penyakit pernafasan seperti asma dapat dicegah dengan mengonsumsi buah nanas secara teratur.Buah yang sering dianggap sebagai pemicu keputihan tersebut nyatanya memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kesehatan.
Buah Nanas

Khasiat Buah Nanas - Buah nanas lebih banyak dikonsumsi dalam bentuk jus atau selai, padahal nanas segar memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah nanas.

1. Mencegah kanker
Nanas mengandung senyawa mangan yang cukup tinggi. Senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk menghambat atau menangkal efek buruk dari radikal bebas. Mengonsumsi nanas mampu membantu Anda terhindar dari penyakit kanker. Seperti yang sudah banyak diketahui, radikal bebas dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Nanas mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan merupakan antioksidan alami yang baik untuk tubuh. Khasiat buah nanas untuk kesehatan, khususnya pencegahan kanker didapat dari kandungan bromelain. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mencegah tumbuhnya sel-sel tumor. Bromelain dapat mencegah berkembangnya bibit kanker yang ada di payudara, ovarium, paru-paru, melanoma, dan usus besar.

2. Membantu melancarkan pencernaan
Buah nanas dapat membantu pencernaan Anda lebih baik. Buah dengan warna kuning terang tersebut mengandung serat cukup tinggi. Buah nanas dapat memperlancar pencernaan dan buang air besar. Khasiat buah nanas untuk kesehatan dapat membantu membersihkan saluran pencernaan. Buah nanas dapat membantu membuang racun yang menumpuk pada hati dan juga ginjal. Bahkan buah nanas juga bisa membantu membersihkan pembuluh arteri dari plak yang bisa memicu penyakit jantung. Buah nanas yang dikonsumsi rutin bisa membantu menyehatkan organ usus. Selain itu, nanas juga dapat membantu mengoptimalkan kinerja usus dan organ pencernaan lainnya. 

3. Pencegahan katarak
Penyakit katarak sering dialami oleh orang lanjut usia. Penyakit yang membuat kemampuan melihat berkuran tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi buah nanas. Di dalam buah tersebut terdapat vitamin C yang baik untuk kesehatan mata. Buah nanas yang dikonsumsi mampu mengurangi risiko katarak. Banyak ahli kesehatan yang sudah melakukan penelitian terkait khasiat buah nanas untuk kesehatan tersebut. Beberapa ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah dengan vitamin C agar terhindar dari penyakit katarak.

4. Mengurangi kadar gula berlebih
Buah nanas yang mengandung vitamin B1 dipercaya dapat mengubah gula menjadi energi. Maka dari itu buah ini bisa menjadi pilihan untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Mengonsumsi nanas secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes atau penyakit kencing manis.

5. Pencegahan penyakit pernafasan
Penyakit pernafasan seperti asma dapat dicegah dengan mengonsumsi buah nanas secara teratur. Buah nanas mengandung beta karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A. Ada beberapa penelitian yang mencoba meneliti buah nanas dan manfaat untuk pencegahan asma. Khasiat buah nanas untuk kesehatan didapat dari beta karoten yang bisa mengurangi risiko asma, terutama yang diakibatkan karena olahraga.

Itulah berapa keuntungan mengonsumsi buah nanas. Buah yang sering dianggap sebagai pemicu keputihan tersebut nyatanya memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kesehatan. Khasiat buah nanas untuk kesehatan di atas bisa diperoleh dengan mengonsumsi secara teratur. Namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsi buah nanas terlalu banyak, apalagi untuk Anda yang memiliki masalah kesehatan pada lambung.

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top