OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

3/16/2018

6 Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh Manusia

6 Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh Manusia - Buah jeruk merupakan buah yang mudah ditemukan di pasar tradisional, toko buah, hingga supermarket. Buah yang satu ini memiliki rasa asam dan manis yang menyegarkan. Buah jeruk mengandung kadar vitamin C yang tinggi dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari. Selain itu, buah jeruk mengandung serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Ada pula kandungan kalori dan protein yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga, mengonsumsi buah jeruk akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Di bawah ini ada khasiat buah jeruk untuk kesehatan yang perlu diketahui.

6 Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh Manusia - Buah jeruk merupakan buah yang mudah ditemukan di pasar tradisional, toko buah, hingga supermarket. Buah yang satu ini memiliki rasa asam dan manis yang menyegarkan. Buah jeruk mengandung kadar vitamin C yang tinggi dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari. Selain itu, buah jeruk mengandung serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan.
Buah Jeruk

1. Menjaga Kesehatan Kulit
Buah jeruk terbukti mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin C sendiri memiliki manfaat sebagai zat antioksidan yang bisa menjaga kesehatan kulit. Kulit menjadi semakin lembab, cerah, dan tidak berminyak. Khasiat buah jeruk untuk kesehatan kulit yang lain adalah meningkatkan produksi kolagen. Sehingga, kulit tetap terjaga kekenyalannya dan tidak mudah keriput. Cara menjaga kesehatan kulit dengan buah jeruk sangatlah mudah. Buah jeruk dapat dimakan secara langsung setiap hari. Selain itu, buah jeruk bisa dioleskan ke kulit sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Khasiat buah jeruk untuk kesehatan yang belum banyak diketahui orang adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah jeruk mengandung kadar kalium yang tinggi. Penelitian yang dilakukan di Vanderbilt Medical School mengungkapkan bahwa kadar kalium yang terkandung di dalam jeruk mampu menurunkan kadar natrium yang bisa menyumbat pembuluh darah. Sehingga, mengonsumsi dua butir buah jeruk setiap hari bisa menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular sebanyak 49%.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dibandingkan buah yang lain, buah jeruk merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi, yaitu sebanyak 70% dari kebutuhan vitamin C harian. Sehingga, khasiat buah jeruk untuk kesehatan yang bisa dibuktikan adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah jeruk mengandung kandungan antioksidan yang dapat menangkap virus atau radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal
Buah jeruk mengandung kadar air dan serat yang tinggi. Kedua kandungan tersebut terbukti dapat menjaga ginjal supaya tetap bekerja secara optimal. Sehingga, mengonsumsi buah jeruk secara rutin bisa menghindari penyakit pada ginjal seperti batu ginjal atau gagal ginjal.

5. Meningkatkan Kinerja Otak
Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa buah jeruk mengandung asam folat yang tinggi. Kadar asam folat ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi otak. Senyawa yang satu ini bisa membantu perkembangan sel otak pada anak-anak. Sehingga, anak-anak menjadi lebih cerdas dan dapat berpikir dengan cepat. Selain itu, buah jeruk juga terbukti mengandung senyawa polifenol dan fitonutrien. Dua senyawa tersebut membantu meningkatkan kesehatan sel-sel otak supaya tidak terserang penyakit Alzheimer.

6. Mencegah Kanker
Kanker merupakan penyakit yang mematikan. Namun, khasiat buah jeruk untuk kesehatan dapat mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah jeruk mengandung antioksidan dan vitamin C yang bisa menangkan radikal bebas yang bisa memunculkan sel kanker. Buah jeruk yang dikonsumsi oleh penderita kanker berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi efek samping pengobatan kanker melalui kemoterapi. 

Mengingat betapa luar biasanya khasiat buah jeruk untuk kesehatan, mengonsumsi buah jeruk merupakan kewajiban setiap hari. Buah jeruk yang bisa dikonsumsi bisa berupa jeruk nipis, jeruk bali, jeruk keprok, atau lemon. Buah jeruk bisa dikonsumsi dalam berbagai macam olahan seperti dimakan langsung atau dibuat jus.

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top