OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

3/16/2018

Mengupas Tuntas Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan

Mengupas Tuntas Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan - Buah mangga merupakan buah yang luar biasa. Bagaimana tidak? Buah yang satu ini sudah dinobatkan sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia. Buah mangga tergolong buah dengan kandungan gizi yang tinggi. Di dalam satu butir buah mangga terkandung 1 gram protein, 25 gram karbohidrat, 23 gram gula, dan 3 gram serat. Buah mangga dapat mencukupi 100% kebutuhan vitamin C, 35% vitamin A, dan 20% asam folat yang dibutuhkan dalam sehari. Selain itu, buah mangga mengandung potasium, kalsium, zat besi, dan antioksidan yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan diulas khasiat buah mangga untuk kesehatan tubuh manusia.

Mengupas Tuntas Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan - Buah mangga merupakan buah yang luar biasa. Bagaimana tidak? Buah yang satu ini sudah dinobatkan sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia. Buah mangga tergolong buah dengan kandungan gizi yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan diulas khasiat buah mangga untuk kesehatan tubuh manusia. 1. Mencegah Penyakit Degenerasi Makula  Buah mangga mengandung senyawa antioksidan berjenis zeaxanthin yang bisa memfilter sinar ultraviolet.  2. Menjaga Kesehatan Mata  Penelitian telah membuktikan bahwa satu butir mangga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A harian sebayak 35%. 3. Menjaga Tingkat Kolesterol di Dalam Darah  Di dalam buah mangga terkandung senyawa pektin, serat, dan vitamin C yang tinggi. Kombinasi tiga senyawa tersebut menjadikan buah mangga memiliki khasiat bagi kesehatan pembuluh darah dan jantung.  4. Mencegah Anemia  Buah mangga mengandung magnesium yang tinggi.
Buah Mangga

1. Mencegah Penyakit Degenerasi Makula
Buah mangga mengandung senyawa antioksidan berjenis zeaxanthin yang bisa memfilter sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet sendiri dapat berasal dari sinar matahari, layar televisi, dan layar gadget. Sehingga, khasiat buah mangga untuk kesehatan dapat melindungi mata dari penyakit degenerasi makula atau penipisan makula yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Penelitian telah membuktikan bahwa satu butir mangga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A harian sebayak 35%. Sehingga, khasiat buah mangga untuk kesehatan mata sangatlah luar biasa. Buah mangga yang dikonsumsi sehari-hari terbukti ampuh dalam menjaga mata untuk tidak kering dan gatal serta mencegah penyakit mata seperti rabun jauh, rabun dekat, dan rabun senja.

3. Menjaga Tingkat Kolesterol di Dalam Darah
Di dalam buah mangga terkandung senyawa pektin, serat, dan vitamin C yang tinggi. Kombinasi tiga senyawa tersebut menjadikan buah mangga memiliki khasiat bagi kesehatan pembuluh darah dan jantung. Khasiat buah mangga untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung adalah menjaga kadar kolesterol di dalam darah supaya tetap berada pada level yang normal. Selain itu, mangga mengandung kadar kalium yang tinggi. Senyawa tersebut dapat meluruhkan kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah supaya peredaran darah menjadi lebih lancar. Sehingga, tekanan darah serta detak jantung menjadi lebih normal.

4. Mencegah Anemia
Buah mangga mengandung magnesium yang tinggi. Sehingga, khasiat buah mangga untuk kesehatan terbukti bisa mencegah tubuh dari anemia atau kekurangan darah. Hal ini dikarenakan magnesium dapat memicu produksi sel darah merah yang cukup dialirkan ke seluruh tubuh. Buah mangga sangat direkomendasikan untuk wanita yang sedang hamil, menstruasi, dan menopause.

5. Melancarkan Saluran Pencernaan
Mengonsumsi buah mangga akan memberikan rasa kenyang di perut. Hal ini dikarenakan buah mangga mengandung kadar serat yang tinggi. Serat tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga membantu melancarkan sistem pencernaan. Buah mangga bisa mencerna protein dan lemak dari makanan yang dikonsumsi dalam waktu yang cepat. Sehingga, proses pembuangan air besar menjadi lebih mudah dan lancar.

6. Mengurangi Bintik di Wajah
Buah mangga memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Buah mangga bisa dijadikan obat alami untuk mengurangi bintik-bintik di wajah karena flek atau bekas jerawat. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit mangga kemudian dihaluskan. Campurkan bubuk kulit mangga dengan madu, minyak zaitun, atau yoghurt untuk dijadikan masker.

Khasiat buah mangga untuk kesehatan yang sudah dipaparkan di atas membuktikan bahwa buah mangga tidak hanya buah yang lezat, tetapi juga menyehatkan. Buah mangga bisa dimakan setiap hari secara langsung atau diolah menjadi jus, smoothie, atau salad buah. Namun, pilihlah buah mangga yang sudah matang dan memiliki rasa yang manis supaya tidak menyebabkan sakit perut. 

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top