OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

3/16/2018

Terungkap Sudah Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah naga merupakan buah dengan bentuk yang unik. Buah ini memiliki kulit yang menyerupai sisi naga berwarna merah dan hijau. Sedangkan, isi buah naga terdiri dari dua macam, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Kedua jenis buah naga tersebut mengandung mineral, serat, dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini ada beberapa khasiat buah naga untuk kesehatan tubuh manusia yang sudah terungkap oleh penelitian.

Terungkap Sudah Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan  Buah naga merupakan buah dengan bentuk yang unik. Buah ini memiliki kulit yang menyerupai sisi naga berwarna merah dan hijau. Sedangkan, isi buah naga terdiri dari dua macam, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Kedua jenis buah naga tersebut mengandung mineral, serat, dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini ada beberapa khasiat buah naga untuk kesehatan tubuh manusia yang sudah terungkap oleh penelitian. 1. Mencegah Kanker 2. Mencegah Diabetes  3. Meningkatkan Kesehatan Tulang 4. Mencegah Anemia 5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular  6. Mengobati Batuk
Buah Naga

1. Mencegah Kanker
Penelitian telah mengungkapkan khasiat buah naga untuk kesehatan dapat mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung senyawa antioksidan dengan jenis phytoalbumin. Senyawa ini memiliki manfaat yang luar biasa dalam menangkal radikal bebas dan zat lain yang bersifat karsinogenik masuk ke dalam tubuh manusia. Buah naga mengandung vitamin C dan vitamin B2 yang memiliki manfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh manusia sehingga tubuh tidak rentan terhadap serangan virus atau zat-zat beracun lainnya.

2. Mencegah Diabetes 
Walau memiliki rasa yang manis, buah naga memiliki kandungan gula yang rendah. Sehingga, khasiat buah naga untuk kesehatan bisa digunakan untuk mencegah penyakit diabetes atau kencing manis. Buah naga juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes supaya kadar gula darahnya tetap stabil. 

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Buah naga terbukti mengandung kadar kalsium dan fosfor yang tinggi. Sehingga, salah satu khasiat buah naga untuk kesehatan sangat bagus dalam menjaga kesehatan tulang. Apalagi satu buah naga terbukti dapat mencukupi kebutuhan kalsium yang harian dengan kadar yang lebih tinggi dari susu. Sehingga, manfaat buah naga yang dikonsumsi secara rutin bisa meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis.

4. Mencegah Anemia
Di dalam setiap buah naga terkandung zat besi yang dapat memenuhi 8% dari kebutuhan zat besi dalam satu hari. Kandungan zat besi yang terkandung di dalam buah naga membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Sehingga, tubuh terbebas dari anemia karena aliran darah ke seluruh pembuluh darah menjadi lancar.

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Khasiat buah naga untuk kesehatan yang lain adalah mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung senyawa yang bisa meluruhkan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah. Ada pula senyawa yang mampu meredam kadar stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran peredaran darah dan jantung. Sehingga, penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi dan penyempitan pembuluh darah bisa teratasi.

6. Mengobati Batuk
Batuk merupakan penyakit yang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebar melalui udara atau air liur. Batuk menyebabkan rasa gatal di kerongkongan sampai nyeri di dada. Selain itu, batuk merupakan penyakit yang gampang-gampang susah untuk disembuhkan. Padahal ada cara menyembuhkan batuk yang mudah yaitu dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Buah naga mengandung kadar vitamin C yang tinggi sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan virus penyebab batuk. Selain itu, buah naga mengandung kadar air yang tinggi yang bisa mengurangi rasa nyeri di kerongkongan atau dada karena batuk secara terus-menerus.

Enam khasiat buah naga untuk kesehatan yang sudah dipaparkan di atas membuktikan bahwa buah naga bukanlah sekadar buah. Buah naga merupakan buah dengan rasa yang nikmat serta mengandung sejuta khasiat. Untuk menjaga kesehatan tubuh, buah naga bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah dalam bentuk salad, jus, milkshake, smoothie, dan olahan lainnya. 

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top