OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

3/07/2018

5 Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan

5 Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan - Siapa yang tidak suka dengan buah manggis. Buah dengan rasa manis dan kaya manfaat untuk kesehatan. Khasiat buah manggis untuk kesehatan memang cukup fenomenal. Sudah banyak produk kesehatan yang menggunakan ekstrak manggis sebagai salah satu bahannya. Buah dengan kulit cukup tebal tersebut sudah banyak diteliti oleh ahli kesehatan. Senyawa seperti xanthones dalam buah manggis menjadi kelebihan utama. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah manggis untuk kesehatan.

Khasiat Buah Manggis - Gracinia Mangostana atau buah manggis merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di daerah tropis seperti Indonesia. Buah tersebut memiliki banyak manfaat seperti beberapa manfaat buah manggis berikut.

5 Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan - Siapa yang tidak suka dengan buah manggis. Buah dengan rasa manis dan kaya manfaat untuk kesehatan. Khasiat buah manggis untuk kesehatan memang cukup fenomenal. Buah tersebut memiliki banyak manfaat seperti beberapa manfaat buah manggis berikut.  1. Mencegah penyakit batu ginjal  Di dalam buah manggis mengandung cukup banyak senyawa baik yang bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal.  2. Membantu menangkal radikal bebas  Sudah diketahui bahwa radikal bebas cukup berbahaya bagi kesehatan. 3. Membantu mencegah penyakit kanker  Setiap orang memiliki potensi untuk terkena kanker. Ada beberapa faktor yang bisa membuat menghidupkan potensi tersebut. Seperti faktor keturunan atau karena gaya hidup yang tidak sehat. Kanker menjadi salah satu penyakit penyebab kematian.  4. Mencegah pertumbuhan jamur  Manfaat lain dari buah manggis adalah mencegah timbulnya jamur.  5. Menurunkan berat badan  Tidak hanya khasiat buah manggis untuk kesehatan, manfaat buah manggis juga sangat membantu untuk penurunan berat badan.

1. Mencegah penyakit batu ginjal
Di dalam buah manggis mengandung cukup banyak senyawa baik yang bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal. Buah manggis mampu melancarkan peredaran darah dan juga cairan di dalam tubuh. Mengonsumsi buah manggis dapat membantu melancarkan buang air kecil. Jadi Anda bisa memperoleh khasiat buah manggis untuk kesehatan mampu mencegah penyakit batu ginjal. Cukup dengan mengonsumsi manggis secara rutin dan dalam jumlah secukupnya. 

2. Membantu menangkal radikal bebas
Sudah diketahui bahwa radikal bebas cukup berbahaya bagi kesehatan. Radikal bebas yang banyak terdapat di daerah dengan polusi tinggi dapat membuat berbagai masalah kesehatan. Untuk membantu mengurangi dampak dari radikal bebas, buah manggis bisa menjadi pilihan yang tepat. Khasiat buah manggis untuk kesehatan  diperoleh dari senyawa yang ada di dalamnya. Seperti vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah manggis. Selain itu, buah dengan daging berwarna putih tersebut juga kaya akan vitamin E. Lebih hebatnya lagi, buah manggis mengandung senyawa baik yang disebut cathechins. Senyawa tersebut lebih efektif dari vitamin C atau pun vitamin E dalam menangkal bahaya radikal bebas. Buah manggis juga tinggi antioksidan sehingga bisa menjadi pertahanan diri untuk mencegah efek radikal bebas. 

3. Membantu mencegah penyakit kanker
Setiap orang memiliki potensi untuk terkena kanker. Ada beberapa faktor yang bisa membuat menghidupkan potensi tersebut. Seperti faktor keturunan atau karena gaya hidup yang tidak sehat. Kanker menjadi salah satu penyakit penyebab kematian. Jika Anda tidak ingin terkena kanker, sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini. Melalui gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi, berolahraga, dan menghindari rokok atau pun minuman beralkohol. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi buah manggis. Khasiat buah manggis untuk kesehatan dipercaya mampu mencegah seseorang terkena penyakit kanker. Buah manggis mengandung senyawa yang baik untuk pencegahan kanker. Senyawa tersebut adalah garcinone E. Selain itu, buah manggis juga mengandung xanthones  yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

4. Mencegah pertumbuhan jamur
Manfaat lain dari buah manggis adalah mencegah timbulnya jamur. Berbagai vitamin dan senyawa baik yang ada di dalam buah manggis mampu menjadi anti bakteri dan juga anti jamur. Mengonsumsi buah manggis secara teratur dapat membantu mencegah jamur muncul di tubuh.

5. Menurunkan berat badan
Tidak hanya khasiat buah manggis untuk kesehatan, manfaat buah manggis juga sangat membantu untuk penurunan berat badan. Buah manggis yang kaya manfaat ini sudah banyak diteliti manfaatnya terkait penurunan berat badan. Selain itu, buah manggis juga dapat membantu mencegah penyakit gula darah atau diabetes. 

Demikian beberapa manfaat buah manggis bagi tubuh. Khasiat buah manggis untuk kesehatan bisa diperoleh dengan mengonsumsi langsung secara teratur dan secukupnya. Jika Anda mengonsumsi dalam bentuk ekstrak, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter agar tidak ada efek samping yang timbul.

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top