OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

3/27/2017

Pengertian Simulasi Digital dan Ruang Lingkupnya

Hay sobat Manyun Osd, Pengertian Simulasi Digital dan Ruang Lingkupnya. Simulasi digital terdiri dari 2 kata yang memiliki arti masing-masing. Kata simulasi bisa didefinisikan sebagai metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya. Kata digital adalah penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angkat 0 dan 1 yang sering dikenal bilangan biner.

Definisi/pengertian simulasi  lebih jelasnya berikut ini. Pengertian Simulasi merupakan  sebuah cara untuk menggambarkan atau menduplikasi tampilan, ciri, dan karakteristik dari suatu system nyata. Ide awal simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata secara sistematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan berdasarkan hasil simulasi. Lebih kita pahami dan dimengerti bahwa simulasi merupakan metode pembelajaran  yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok, sehingga objek yang digunakan bukan benda atau kegiatan sebenarnya, melainkan mengajar yang bersifat pura-pura.

Definisi/pengertian Digital lebih jelasnya berikut ini. Digital berasal dari bahasa yunani yaitu Digitus yang memiliki arti jemari. Apa bila kita hitung jari jemari orang dewasa maka memiliki jumlah (10) sepuluh. Nilai sepuluh (10) terdiri dari 2 radix yaitu 1 dan 0, sehingga digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 yang sering disebut bilangan binary.   

Pengertian Simulasi Digital. Simulasi digital merupakan suatu pelajaran yang membekali siswa agar dapat mengkomunikasikan gagasan atau konsep melalui media digital.
Pengertian Simulasi Digital dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Simulasi Digital. Simulasi digital merupakan suatu pelajaran yang membekali siswa agar dapat mengkomunikasikan gagasan atau konsep melalui media digital. Pelajaran simulasi digital sudah banyak di pelajari oleh siswa siswi dalam berbagai sekolah terutama yang ber jurusan di IT. Simulasi digital dalam proses pembelajaran berarti pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.

Simulasi digital mengajarkan sebuah mater yang diantaranya : melaksanakan pembelajaran kolaboratif dan efektif, membuta materi dalam bentuk video, membuat materi dalam bentuk simulasi visual, membuat materi dalam bentuk digital, melaksanakan interaksi dan komunikasi secara online, dan mempublikasikan simulasi visual sebagai sumber belajar 

Ruang Lingkup Dalam Pelajaran Simulasi Digital :
1. Komunikasi dalam jaringan
Komunikasi merupakan penyampaian informasi yang berupa pesan atau ide dari satu pihak ke pihak lainnya, dimana pihak itu saling mengerti dengan apa yang dibicarakan. Istilah komunikasi daring megacu pada posting, membaca, dan berkomunikasi dengan menggunakan jaringan komputer. komunikasi dalam jaringan atau di singkat Daring yaitu  merupakan sebuah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan menggunakan internet. Internet adalah alat komunikasi yang cukup efisien dan efektif dengan tersediaya berbagai , layananan seperti: website, chatting, e-mail, facebook, edmodo, dan twitter.

Fungsi komunikasi dalam jaringan (daring) diantaranya untuk melakukan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien tanpa kesalahan. Mempermudah komunikasi jarak jauh tanpa bertemu secara langsung. Mempermudah berkomunikasi dengan banyak orang yang terhubung dalam jaringan. Terakhir mempersingkat watu dalam komunikasi.

Jenis-Jenis Komunikasi dalam Jaringan ( Daring) :
A. Komunikasi Synchronous ( Secara Bersamaan)
Komunikasi synchronous adalah komunikasi dalam satu waktu yang bersamaan. Komunikasi ini menggunakan sebuah perangkat yang bisa melakukan komunikasi diantaranya komputer dan smart phone sebagai fasilitas yang terjadi dalam waktu bersamaan. Contoh komunikasi synchronous diantaranya Text Chat dan Video chat. Text chat merupakan sebuah fitur, program, atau aplikasi dalam jaringan internet yang berfungsi untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung dengan pengguna internet yang sedang melakukan komunikasi dalam jaringan tersebut.  Aplikasi Text Chat seperti yahoo messenger, google talk, MIRc, dan sebagainya.  Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi video dan audio dengan cara bersamaan antara pengguna komunikasi dalam jaringan yang berada dalam tempat yang berbeda.  Aplikasi Video Chat seperti skype, line, facetime, google+ hangout dan sebagainya.

B. Komunikasi Asynchronous (secara tidak bersamaan)
Komunikasi asynchronous adalah komunikasi dalam jaringan yang terjadi secara tidak bersamaan atau asinkron (dilakukan secara tertunda). Sering dikenal komunikasi daring secara tertunda menggunakan komputer sebagai media. Contoh komunikasi asynchronous yang sering kita jumpai yaitu e-mail, forum, posting dokumen  melalui situs/www (wordl wide web), rekaman simulasi visual, video steaming, dan sebagainya.

2. Presentasi Video
Pengertian presentasi merupakan suatu kegiatan untuk menyampaikan informasi, pesan, menawarkan keoada seseorang tentang sesuatu baik barang atau jasa. Pengertian video merupakan teknologi untuk merekam,memproses dan menata ulang gambar bergerak.

Presentasi video merupakan media untuk mengkomunikasikan gagasan, ide, atau konsep dengan bentuk video atau gambar bergerak dengan tujuan untuk memperkenalkan produk. Prensentasi video. Untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dibuat melalui proses merekam gambar dan suara, menata urutan dan menyambung atau memotong gambar dan menyatukannya menjadi kesatuan yang utuh.

Fungsi presentasi video sebagai media menyampaikan informasi dan pesan akan mudah diterima, sehingga tujuan ke penerima dapat tercapai. Melakukan penjualan dengan presentasi video produk akan terlihat menarik memunculkan ide atau gagasan yang dapat mengembangkan perusahaan.

3. Kelas Maya
Pengertian kelas maya merupakan kelas yang di selenggarakan secara jarak jauh dengan memanfaatkan internet tanpa harus melakukan tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajaran (siswa). Bisanya pengajar menyediakan sebuah forum kepada para siswa dan melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas. Perbedaan kelas maya dengan biasa adalah adanya pembatasan berkomunikasi. 

Terdapat 3 jenis kelas maya yaitu : Learning Management System (LMS), Learning Content Management System, dan Social Learning Network (SLN). Contoh penerapan kelas maya Edmodo sebagai Social Learning Network (SLN). Dengan adanya kelas maya jika dimanfaatkan secara tepat dan bijak maka akan memiliki keuntungan seperti : waktu pembelajaran dapat disesuaikan, mempersingkatwaktu tanpa perlu pergi ke kelas, menghemat kertas, materi lebih luas, mengurangi belajar yang bergantung pada buku teks dan sebagainya.

4. Simulasi Visual
Simulasi Visual merupakan menggambarkan sebuah objek benda dengan lebih jelas seperti hidup dengan memanfaatkan animasi 3 Dimensi. Pemanfaat animasi 3 dimensi dapat menggantikan upaya mengomunikasikan gagasan atau konsep tersebut agar dapat lebih mudah dipahami. Dengan adanya simulasi visual memungkinkan menggambarkan objek benda dengan lebih jelas dan hidup.  Jenis simulasi visual terbagi menjadi 2 yaitu simulasi visual 2D dan simulasi visual 3D. Penggunaannya menyesuaikan jenis dan tergantung pada tujuan dan kebutuhan.

Simulasi visual 2D merupakan simulasi dimensi datar, dalam segi teknis simulasi ini dibuat dalam software/aplikasi pengolah 2D seperti : adobe flash, after effect, toonboom dan sebagainya. Simulasi visual 3D merupakan simulasi dengan memiliki dimensi berbentuk ruang dan keadaan pada objek yang dibuat. Software/aplikasi pengolah grafis yang digunakan pada simulasi visual 3D seperti blender, 3dsmax, lightwave dan sebagainya.

5. Buku Digital
Buku digital merupakan buku maya yang memungkinkan penggunanya untuk membawa, menyimpan, dan membacanya hanya dengan menggunakan peralatan kecil seperti Smartphone. Buku digital berbentuk digital dari buku cetak (asli).  Buku cetak pada umumnya terdiri atas kumpulan kertas yang dijilid menjadi satu dan berisi teks atau gambar saja, sedangkan buku digital berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, dan video.

Tujuan buku digital. Terdapat beberapa  tujuan dibuku pengembangan digital yang diantaranya memberikan kesempatan bagi pencipta konten untuk lebih mudah berbagi informasi terutama melalui situs-situs dan jejaring sosial yang lebih menarik dan interaktif. Dengan adanya buku digital melindungi informasi yang akan di sampaikan. Berbeda degan buku fisik yang dapat rusak, hilang, ataupun basah, buku digital yang berupa data dikomputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Dalam buku digital terdapat berbagai format Ebook yang dapat digunakan yaitu : AZW (Amazon World), EPUB (Elektronik Publication), PDF (Portable Document Format), MOBI (MobiPocket), KF8 (Kindle Fire), CHM (Compressed HTML), HTML (Hyper Text Markup Language ), XML, XHTML, PRC (Palm Resource File) dan sebagainya.

Fungsi buku digital diantaranya sebagai salah satu alternatif media belajar, sebagai media berbagi informasi, buku digital memuat konten multimedia di dalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah, baik melalui meida seperti situs/website, kelas maya, e-mail dan media digital yang lain.

Itulah materi pengertian simulasi digital dan ruang Lingkupnya. Semoga bermanfaat terimakasih.

Judul : Pengertian Simulasi Digital dan Ruang Lingkupnya
Kategori : TKJ > Simulasi Digital

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top