OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

1/24/2017

Pengertian Router dan Cara Kerja Router

Pengertian router dan cara kerja router. Hai Sobat bercumpa lagi di Manyun Osd. Kali ini kita akan membahas tentang router. Pengertian Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan (network) yang berbeda, baik jaringan berteknologi sama maupun berbeda. Contoh menghubungkan jaringan topologi bus, topologi ring dan  topologi star. Hal yang dimaksud dari jaringan yang berbeda adalah ?. Untuk Cara Kerja Router di artikel ini bagian bawah. Perhatikan dibawah ini. 
  • Jaringan yang jaringannya berbeda, tetapi masih dalam kelas yang sama, misalnya sama-sama kelas C, sama-sama kelas B dan sama-sama kelas A.
  • Jaringan dan kelasnya berbeda, misalnya kelas A dengan kelas B, kelas A dengan Kelas C, atau kelas A dengan Kelas B dan Kelas C.
  • Teknologi atau topologi jaringannya berbeda atau sama.

Pengertian Router merupakan sebuah perangkat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya. Proses dalam router sering di kenal dengan ROUTING. Pengertian Routing adalah proses pengiriman informasi atau data dengan meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Routing berfungsi untuk menhubungkan suatu jaringan yang berbeda segmen agar bisa mengirim paket data atau bisa saling berkomunikasi. Konfigurasi router dalam konteks pembuatan tabel routing dapat dibagi menjadi dua jenis routing, yakni static routing dan dynamic routing, sedangkan cara menkonfigurasi secara keseluruhan dapat dibedakan menjadi dua yaitu konfigurasi berbasis teks (CLI) dan konfigurasi berbasis grafik (GUI). Cara Kerja Router di artikel ini bagian bawah.

Jenis-Jenis Routing Pada Router. Routing merupakan proses routing sederhana. Minimal routing ini  sering digunakan dalam pemakaian lokal saja yaitu static routing dan dynamic routing. Pengertian Static Routing dan Dynamic Routing sebagai berikut.

Static Routing merupakan suatu mekanisme routing yang tergantung pada tabel routing dengan konfigurasi yang disetting secara manual oleh para administrator jaringan.

Dynamic Routing adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel dynamic routing, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

Baca Selengkapnya Di : Pengertian Routing (Static dan Dynamic) Beserta Jenis-Jenis Routing Pada Router 


Cara Kerja Router
Router merupakan perangkat yang aktif dan cerdas, serta berpartisipasi dalam manajemen jaringan :
1.Konektifitas.
2.Perfomansi (untuk kerja)
3.Reliabilitas
4.Kontrol manajemen
5.Fleksibilitas

Secara singkat cara kerja router adalah sebagai berikut :
- LAN mengirimkan data ke Router.
- Router akan melakukan analisis berdasarkan informasi alamat pada layer 3 (model OSI).
- Router akan meneruskan data tersebut ke antar muka WAN yang sesuai berdasarkan tabel routing yang dimilikinya.

Layer jaringan (juga disebut dengan layer 3) pada model OSI mengelola pengelamatan peralatan, melacak lokasi peralatan jaringan, dan menentukan cara terbaik untuk memindahkan data. Artinya, layer jaringan harus mengangkut lalu lintas antar peralatan yang tidak terhubung secara local. Router (yang merupakan peralatan layer 3) diatur dilayer jaringan dan menyediakan layanan routing dalam sebuah internetwork.

Langkah-langkahnya sebagai berikut : 
Pertama-tama, ketika sebuah paket diterima disebuah antar muka router, alamat IP tujuan akan diperiksa. Jika paket tidak ditujukan untuk router tersebut, router akan mengecek alamat jaringan tujuan pada tabel routing yang dimilikinya. Pada saat router memilih antar muka keluar untuk paket tersebut, paket akan dikirim ke antar tersebut untuk dibungkus menjadi frame data dan data akan dikirimkan keluar ke jaringan local. Jika tidak menentukan entri untuk jaringan tujuan ditabel routing, router akan membuang paket tersebut.
Ada dua paket yang digunakan di layer jaringan, yaitu paket data dan paket update rute.

Paket data
Paket data digunakan untuk mengangkut data penggunna melewati internetwork. Protokol yang digunakan untuk mendukung lalu lintas data disebut routed protocol, misalnya IP dan IPX.

Paket Update Rute
Pakte update rute digunkan untuk melakukan pembaruan ke rputer terdekat terkait jaringan-jaringan yang terhubung kesemua router di internetwork. Protocol yang mengirimkan paket update rute tersebut routing protocols misalnya RIP, EIGRP dan OSPF. Paket update rute digunakan untuk membantu membuat dan mempertahankan tabel routing pada setiap kabel masing-masing router.

Gambar diatas memberikan sebuah contoh tabel routing. Tabel routing yang digunakan pada sebuah router mencakup informasi tentang alamat jaringan, antarmuka dan metrik.
Cara Kerja Router

Gambar diatas memberikan sebuah contoh tabel routing. Tabel routing yang digunakan pada sebuah router mencakup informasi tentang alamat jaringan, antarmuka dan metrik.

Alamat Jaringan 
Alamat jaringan ini spesifik protocol. Router harus mempertahankan sebuah tabel routing untuk masing-masing routing protocol karena setiap routing protocol mengikuti jejak dari sebuah jaringan dengan pengalamatan  yang berbeda. Hal ini biasa dianalogikan dengan sebuah tanda jalan dalam berbagai bahasa berbeda yang diuncapkan oleh warga disebuah jalan. Jika ada orang Amerika, Spanyol dan Perancis tingga di sebuah jalan bernama “CAT”, tanda jalan tersebut akan berbunyi “Cat/Gato/Chat”.

Antarmuka
Antarmuka disini merupakan antarmuka keluar keluar (exit interface) yang akan ditempuh oleh sebuah paket jika ditujukan untuk sebuah jaringan tertentu Contohnya adalah serial dan eternet.

Metrik
Metrik merupakan jarak ke jaringan yang remote. Routing protocol yang berbeda akan menggunakan cara yang berbeda pula untuk menghirung jarak ini.  Beberapa routing protocol menggunakan hop count (jumlah router yang dilalui oleh paket dalam perjalanan menuju jaringan remote), sedangkan routing protocol yang lain menggunakan bandwidth, delay dari kabel dan bahkan tick count (hitungan 1/18) detik).

Mode Konfigurasi Router
Terdapat dua cara untuk mengonfigurasu perangkat router yaitu konfigurasi GUI (graphic user interface) dan konfigurasi CLI (command lin interface).

Konfigurasi GUI.
Untuk konfigurasi dengan mode GUI, klik piranti yang akan dikonfigurasi. Pilih menu Config. Klik Interface yang diinginkan . Isikan IP Address dan Subnet Mask (seperti terlihat pada gambar dibawah ini). Lakukan hal yang sama untuk antarmuka dan peranti yang lain.

Konfigurasi CLI. 
Klik peranti yang akan dikonfigurasi. Pilih satu menu CLI. Ketikan perintah sesuai dengan format yang disediakan oleh Cisco (seperti gambar dibawah ini).

Komponen-Komponen Router dan Fungsinya. Di bagian ini kita akan membahas komponen-komponen router dan fungsinya. Router memiliki 8 kompnen yang sangat berpengaruh dalam fungsinya untuk menghubungkan jaringan yang berbeda. Komponen tersebut akan dijelaskan dibawah ini.

CPU
Pengertian CPU (central processing unit) bertugas menjalankan perintah-perintah dalam sistem operasi. Beberapa fungsi yang dilakukan oleh CPU adalah inisilisasi sistem, routing, dan kontrol antarmuka jaringan. CPU router merupakan sebuah mikroprosesor.

RAM
RAM digunakan untuk informasi tabel routing, cach fast switching, konfigurasi yang sedang berjalan, dan mengatur antrian paket. Pada kebanyakan router, RAM menyediakan ruang memori untuk menjalankan fungsi router. Secara logis RAM dibagi menjadi memori processor merupakan pembagian di antar muka-antar muka router untuk penyimpanan paket sementara. Isi RAM akan hilang jika router dimatikan atau direstart.  RAM biasanya bertipe dynamic random-acces memory (DRAM) dan dapat di upgrade dengan menambahkan sesuatu modul memori yang disebut dual in-line memory module (DIMM)

Itula materi tentang Pengertian Router dan Cara Kerja Router. Semoga membantu kalian dalam proses belajar mengajar dan lebih mengerti tentang router beserta cara kerjanya. Terimakasih. Salam #Anak TKJ.

Judul : Pengertian Router dan Cara Kerja Router
Kategori : Materi Rancang Bangun Jaringan TKJ > Network

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top