OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

3/09/2018

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh - Buah mengkudu merupakan salah satu buah dengan bau yang cukup tajam. Tidak banyak orang yang suka dengan buah yang satu ini. Buah mengkudu lebih sering dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau dengan dibuat jus. Khasiat buah mengkudu untuk kesehatan sendiri sudah banyak diketahui. Buah yang sering dijumpai dalam warna hijau tersebut mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah mengkudu memiliki beberapa khasiat seperti berikut.

Buah Mengkudu

Khasiat Buah Mengkudu - Buah mengkudu banyak diteliti dan hasilnya ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari buah mengkudu tersebut untuk kesehatan.

1. Menurunkan demam
Hampir semua orang pernah mengalami demam. Penanganan yang biasa dilakukan adalah dengan mengompres atau minum obat. Ternyata buang mengkudu bisa membantu menurunkan demam. Buah ini memang memiliki zat antivirus yang berkhasiat untuk kesehatan. Tidak hanya membantu menurunkan demam saja, buah mengkudu juga bisa membantu mengobati batuk dan pegal linu. Buah mengkudu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat anti bakteri dalam buah mengkudu diketahui bisa membantu beberapa masalah kesehatan. Bukan hanya demam, buah mengkudu baik untuk mengobati gangguan pencernaan hingga infeksi pada kulit.

2. Membantu menurunkan gula darah
Masalah kesehatan yang satu ini cukup banyak dialami masyarakat tanah air. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat buah mengkudu untuk diabetes sangat membantu. Buah mengkudu mampu mengontrol atau mengendalikan kadar gula darah. Sifat penurun gula darah yang ada dalam buah mengkudu bisa membantu penderita diabetes. Tentu saja dengan menjadikan suplemen buah mengkudu mengingat rasanya yang tidak enak, jika dimakan langsung.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol
Kolesterol yang melebihi batas normal tentu saja tidak bagus untuk kesehatan. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan lain. Kolesterol juga menjadi salah satu penyebab penyakit jantung atau kardiovaskular. Dari beberapa penelitian menyebutkan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih. Buah mengkudu bekerja dengan mengurangi low density lipoprotein yang merupakan jenis kolesterol jahat. Selain itu, buah mengkudu juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau lipoprotein yang memiliki kepadatan tinggi. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, buah mengkudu dapat dikonsumsi dalam  bentuk jus dan diminum dengan rutin.

4. Mencegah penyakit kanker
Pencegahan terhadap kanker penting untuk dilakukan. Buah mengkudu bisa menjadi alternatif untuk pencegahan kanker. Buah yang masuk dalam kopi-kopian tersebut memiliki sifat stimulasi bagi kekebalan tubuh dan juga memiliki sifat melawan tumor. Antioksidan di dalam buah mengkudu memiliki khasiat untuk memerangi risiko kanker. Khasiat buah mengkudu untuk kesehatan banyak dipublikasikan oleh institut-institut kesehatan dan kanker. Buah mengkudu dipercaya mampu mencegah kanker dan juga membantu mengobati kanker payudara. 

5. Mengobati iritasi kulit kepala
Beberapa ahli dermatologi menyatakan buah mengkudu memiliki manfaat sebagai obat untuk iritasi kulit kepala. Buah dengan bau tajam tersebut memiliki sifat anti jamur dan juga anti bakteri. Sifat buah mengkudu tersebut bisa membantu mengobati iritasi yang ada di kulit kepala. Jadi ada manfaat buah mengkudu untuk rambut pula karena kulit kepala bisa menjadi lebih sehat. Untuk memperoleh khasiat tersebut mungkin tidak bisa dengan langsung. Buah mengkudu perlu diproses dan di-ekstrak terlebih dahulu untuk bisa digunakan pada kulit kepala.

Demikian beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah mengkudu. Walaupun rasanya tidak begitu disukai, khasiat buah mengkudu untuk kesehatan memang sangat membantu. Sudah mulai banyak produk kesehatan yang memanfaatkan buah yang memiliki bintik tersebut. 

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top