OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

1/22/2017

Macam-Macam Perencanaan Pemasaran

Macam-Macam Perencanaan Pemasaran. Perencanaan pemasaran sangat mempengaruhi terjualnya suatu produk. Maka dari itu Perencanaan sangat penting dilakuakan sebelum proses pemasaran. Di dalam perusahaan mempunyai beberapa macam-macam perencanaan pemasaran, yaitu meliputi : 
1. Perencanaan Pasar yang Strategis (strategic market planning)
2. Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan (corporate marketing plannnig)
3. Perencanaan Pemasaran yang Strategis (strategic marketing planning).
4. Perencanaan Pemasaran yang Operasional (operational marketing planning).
5. Perencanaan Pemasaran Produk Baru (planning of launching of new product).

Macam-Macam Perencanaan Pemasaran. Perencanaan pemasaran sangat mempengaruhi terjualnya suatu produk.
Macam-Macam Perencanaan Pemasaran

1. Perencanaan Pasar yang Strategis (Strategic Market Planning)
Macam-Macam Perencanaan Pemasaran yang pertama yaitu Perencanaan Pasar yang Strategis. Pada perencanaan pasar yang strategis atau sering dikenal sebagai strategic market planning. Dalam melakukan perencanaan usaha perusahaan (business planning), kearah mana perusahaan akan dikembangkan. Pada perencanaan ini mencangkup penetapan pasar yang mana akan dilayani dan berupa produk apa yang akan dihasilkan serta akan dipasarkan. Untuk melakukan perencanaan pasar yang strategis perlu dikaji 5 hal yang sangat penting, diantaranya sebagai berikut :
  • Ciri perusahaan (internal company characteristions). Ciri perusahanan usahakan mempunyai sumber daya yang ada dalam perusahaan.
  • Ciri pasar yang ada (untuk mengetahui perubahan yang ada dan interaksinya)Langganan (customers) yang harus dilayani.
  • Pesaing yang harus dihadapi (competitors).
  • Tren lingkungan yang ada (environmental trend). Tren lingkungan bisa meliputi sosial ekonomi, politik da teknologi yang mempengaruhi pasar yang diramalkan.

2. Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan (coporate marketing planning)
Macam-Macam Perencanaan Pemasaran yang kedua yaitu perencanaan strategis pemasaran perusahaan. Perencanaan kali ini bersifat jangka panjang, menyeluruh serta strategis, yang merumuskan berbagai strategi dan program poko di bidang pemasaran perusahaan yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan dalam waktu suatu jangka waktu tertentu. Dalam melaksananakan perencanaan stratsgis pemasaran perusahaan, terdapat beberapa hal yang perlu dilaksanakan diantaranya :
a. Analisis sumber daya dan lingkungan perusahaan serta srategi acuan produk (produk mic strategic).
b. Melakukan analisis situasi yang mencakup:
- Analisis pasar dan segmentasinya.
- Pengukuran pasar
- Analisis produktivitas dan rentabilitas.
c. Penetapan strategi perusahaan dengan mempertimbangkan pasar dan produk, yang cepat dapat berupa sebagai berikut :
- Strategi penetrasi pasar, untuk jenis produk lama dan pasar yang lama.
- Strategi pengembangan produk, untuk jenis produk baru dan pasar yang lama.
- Strategi pengembangan pasar, untuk jenis produk lama dan pasar yang baru.
- Strategi diversifikasi, untuk jenis produk baru dan pasar yang baru.

3. Perencanaan Pemasaran yang Strategis (strategic marketing planning)
Perencanaan pemasaran yang strategis ini berkaitan dengan usaha untuk memasarkan produk perusahaan dengan mencakup strategi pemasaran terpadu. Apa yang di maksud dengan Acuan pemasaran ?. Acuan pemasaran merupakan strategi yang berkaitan dengan  strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi distribusi.

4.Perencanaan Pemasaran yang Operasional (operartional marketing planning)
Macam-Macam Perencanaan Pemasaran. Perencanaan pemasaran yang operasional adalah perencanaan yang berkaitan dengan kegiatan pelaksanaan dibidang pemasaran yang rinci. Pemasaran yang rinci terdiri atas daerah atau wilayah niaga, produk dan waktu yang lebih pendek. Dalam perencanaan pemasaran yang operasional ini akan mencakup 6 rencana sebagai berikut :
  • Rencana penelitian dan pengembangan produk.
  • Rencana penjualan per-daerah, per-produk, per-bulan.
  • Rencana penelitian dan pengembangan pasar.
  • Rencana pendidikan dan pengembangan tenaga penjualan.
  • Rencana penyaluran atau distribusi.
  • Rencana kunjungan dan pembinaan langganan.

5.Perencanan Pemasaran Produk Baru (planning of launching of new product)
Macam-Macam Perencanaan Pemasaran yang terakhir. Perencanaan perencanaan pemasaran produk baru adalah perencanaan kegiatan pelaksanaan meemasarkan produk baru. Dalam perencanaan produk baru ini mencakup sasarab pasar yag dituju, kegiatan pengujian dalam pasar, meramalkan potensi suatu pasar serta memperkirakan target dalam penjualan dan penetapan sumber daya yang dibutuhkan.

Untuk penyusunan rencana pemasaran yang operasional perlu didahului dengan analisis, 5 analisis diantaranya sebagai berikut :
- Kemampuan masing-masing unit pelaksana pemasaran.
- Target penjualan per-unit pelaksana pemasaran.
- situasi dan kondisi pasar dari unit pelaksana pemasaran tersebut.
- Besar dana anggaran yang disediakan untuk unit pelaksana pemasaran tersebut.
- Perencanaan pemasaran produk baru (planning of launching of new product).

Didalam praktik setelah melakukan perencanaan pemasaran, sering ditemui empat macam bentuk hasil kegiatan perencanaan pemasaran. Keempat bentuk tersebut diantaranya:
a. Rencana Pemasaran.
Rencana Pemasaran adalah rumusan tentang apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, yang terdiri dari kegiatan yang akan dilakukan untuk pencapaian tujuan di bidang pemasaran.

b. Target Pemasaran.
Target pemasaran merupakan penetapan suatu ukuran tertentu sebagai sasaran yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu dimasa yang akan datang.

c. Program pemasaran. 
Program pemasaran merupakan rumusan tentang rincian langkah kegiatan yang telah ditetapkan dalam rencana pemasaran, dengan menekankan pada tahap-tahap pelaksanaan yang berkaitan atas waktu, tempat atau daerah dan oleh siapa pelaksanaannya dilakukan.

d. Anggaran pemasaran.
Anggaran pemasaran adalah rincian langkah kegiatan pemasaran yang akan dilaksanakan dan pernyataan tujuan apa yang ingin dicapai yang dinyatakan dalam nilai uang (rupiah).

Tipe-Tipe Perencanaan Pemasaran
a. Perencanaan Pemasaran Keseluruhan
Perencanaan pemasaran keseluruhan meliputi semua ketentuan-ketentuan umum perusahaan adalah perencanaan jangka panjang dan pengembangan strategi pemasaran untuk mencapai suatu tujuan, yang memuat tentang kegiatan-kegiatan keseluruhan faktor internal dan faktor eksternal.

b. Perencanaan Pemasaran Jangka Panjang
Perencanaan pemasaran jangka panjang merupakan perencanaan pemasaran dalam periode 3, 5, 10 sampai 25 tahun lamanya. Berbagai masalah yang dihadapi perusahaan dan diselesaikan dalam perencanaan jangka panjang sangat luas, masalah yang di hadapi diantaranya  perluasan pabrik, masalah pasar, harga, produksi, promosi, pemasaran, masalah distribusi dan lain-lain.

c. Perencanaan Pemasaran Tahunan
Perencanaan pemasaran tahunan merupakan pedoman utama perusahaan dengan cakupan kegiatan pemasaran untuk produk tertentu dalam satu tahun. Pada perencanaan pemasaran tahunan waktun yang dilewati sangat pendek yaitu 1 tahun. Masalah perencanaan tahunan di antaranya tentang kampanye periklanan, pemasaran, daerah operasi, pembelian barang-barang dan lain sebagainya.

Itulah materi singkat tentang Macam-Macam Perencanaan Pemasaran. Perencanaan pemasaran sangat mempengaruhi terjualnya suatu produk. Maka dari itu Perencanaan sangat penting dilakuakan sebelum proses pemasaran. Semoga membantu dalam proses belajar mengajar #Terimakasih.

Judul : Macam-Macam Perencanaan Pemasaran
Kategori : Marketing

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top