OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

5/22/2016

Pengertian Teater dan Drama

Pengertian Teater dan Drama. Semangat pagi, Semangat pagi. Artikel dengan judul pengertian teater dan drama ini dibuat untuk membantu kalian dalam proses belajar mengajar terutama siswa yang belum tahu pengertian teater dan drama. Karena kalian sangat antusias atau semangat dalam belajar kalian seperti “semangat pagi” silakan baca artikel pengertian teater dan drama dengan cermat serta dipahami supaya ada hasil yang bisa di ingat oleh otak kita. Langsung saja pengertian teater dan drama secara live di situs Edukasi Manyun Osd.

 Pengertian Teater Dan Drama
Pengertian Teater dan Drama

1. Pengertian Teater
Pengertian teater bisa kita ketahui dar kata “teater” yang berasal dari kata Yunani kuno (theatron) yang dalam bahasa Inggris “seeing place”, dan dalam bahasa Indonesia “tempat untuk menonton” . Pengertian Theatron sendiri artinya tempat untuk melihat. Tapi pada perkembangan selanjutnya kata teater dipakai untuk menyebut nama aliran dalam teater. Nama aliran dalam teater diantaranya teater klasik, teater romantik, teater ekspresionis, teater realis, teater absurd, dan sebagainya. Kata teater juga dipakai dalam nama kelompok seperti : Bengkel teater, teater Mandiri, teater Koma, teater Tanah Air, dst. Dan pada akhirnya berbagai bentuk pertunjukan seperti : drama, tari, dan musical di sebut sebagai teater. Richard schechner  merupakan seorang sutradara sekaligus professor di Universitas New York (NYU) memperluas batasan teater sedemikian rupa, sehingga segala macam upacara termasuk upacara penaikan bendera, bisa dimasukan sebagai peristiwa teater. Bahkan Peter Brook  melalui bukunya “Empty Spece” dia berpendapat bahwa eksperimennya tentang teater, bahawa “sebuah panggung kosong, lalu ada orang yang lewat”, itu adalah teater. Berbagai pendapat diatas melukisan betapa luasnya  pengertian teater.

2. Pengertian Drama
Pengertian drama bisa kita ketahui dari kata “drama” juga berasal dari kata yunani kuno (draomai) yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti berbuat, berlaku, atau beraksi. Kata drama dalam bahasa Belanda disebut toneel, yang kemudian diterjemahkan sebagai sandiwara. Sandiwara dibentuk dari kata Jawa. Sandiwara berasal dari dua kata yaitu : sandi (rahasia) dan wara/warah (pengajaran). Menurut Ki Hajar Dewantara sandiwara adalah pengajaran yang dilakukan dengan rahasia atau berlambang.

Menurut Moulton, drama adalah “hidup yang dilukiskan dengan gerak” yang dalam bahasa Inggris “life presented in action”. Menurut Ferdinand Verhagen : drama haruslah merupakan kehendak manusia dengan action. Dan menurut Baltazar Verhagen, drama adalah kesenian yang melukiskan sikap manusia dengan gerak.

3. Kesimpulan Pengertian Teater dan Drama
Kesimpulannya teater adalah tempat untuk menonton atau sebuah penggung kosong untuk melakukan pementasan drama, tari dan musical. Sedangkan drama berdasarkan pendapat diatas, bisa disumpulkan bahwa pengertian drama yang secara umum lebih mengacu pada naskah lakon yang melukiskan konflik manusia dalam bentuk dialog yang dipresentasikan melalui tontonan dengan menggunakan percakapan dan action di hadapan penonton. Jika di gabungkan “drama teater atau teater drama” adalah sebuah lakon berupa adegan konfik yang dialami  manusia dan dikisahkan dalam bentuk dialog yag dipresentasikan di sebuah panggung. Demikian tentang materi pengertian teater dan drama, semoga bermanfaat.  ~Manyun Osd~.

Judul : Pengertian Teater dan Drama
Kategori : Seni Budaya Kelas 11 Semester 1

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top