OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

10/21/2017

21 Macam-Macam Simpul dan Kegunaanya

21 Macam-Macam Simpul dan Kegunaanya - Dalam pramuka istilah tali temali, seringkali kita campur adukan antara tali, simpul dan ikatan yang sebenarnya berbeda. Berikut penjelasan singkat mengenai tali, simpul dan ikatan.
1. Tali merupakan bendanya 
2. Simpul merupakan tali dengan tali
3. Ikatan merupakan tali dangan benda seperti contohnya tali yang diikatkan dengan tongkat.

Dibawah ini akan memberikan gambaran tentang tali temali khususnya simpul dalam pramuka beserta fungsinya. Simpul merupakan hasil  atau bentukan dari 1 atau 2 utas tali. simpul mempunyai banyak sekali macamnya oleh sebab itu mari kita bahas satu persatu macam simpul. Macam-macam simpul dan kegunaanya sebagai berikut :

1. Simpul Hidup
Simpul hidup ini merupakan sebuah simpul yang menggunakan tali yang diikatkan pada benda. Simpul ini cukup mudah untuk dilepaskan kembali. Biasanya dalam pramuka simpul ini digunakan untuk mengikat tiang. Sedangkan untuk kehidupan sehari-hari dapat digunakan untuk mengikat hewan.

Contoh Simpul Hidup
Contoh Simpul Hidup

2. Simpul Mati 
Simpul ini biasanya akan sulit untuk dilepaskan kembali. Biasanya digunakan untuk mengakhiri simpul tali. Simpul ini cukup sulit untuk dibuat. Untuk cara menbuat simpul mati bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Simpul Mati
Contoh Simpul Mati

3. Simpul Pangkal
Simpul ini biasanya sering digunakan untuk mengawali atau mengakhiri simpul. Pada kehidupan sehari-hari simpul ini dapat digunakan untuk mengikat tali pada kayu ataupun tongkat.

Contoh Simpul Pangkal
Contoh Simpul Pangkal

4. Simpul Jangkar (Cow Hitch)
Simpul ini cukup mudah untuk dibuat, biasanya digunakan untuk mengikat jangkar darurat atau untuk mengikat tali ember. Untuk cara menbuat simpul jangkar bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Simpul Jangkar
Contoh Simpul Jangkar

5. Simpul Tarik
Simpul ini biasanya dapat digunakan untuk mengikat leher binatang tetapi tidak tercekik karena simpul tarik ini akan menghasilkan loop tali yang dapat diperbesar atau dikecilkan lagi. selain untuk hewan, simpul ini juga bisa digunakan untuk menambatkan tali kepada suatu benda misalnya saja tiang. Dalam kehidupan sehari-hari biasanya simpul ini digunakan untuk turun ke jurang, atau turun dari atas pohon. Untuk cara menbuat simpul tarik bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Membuat Simpul Tarik
Contoh Membuat Simpul Tarik

6. Simpul Laso
Simpul ini biasanya digunakan untuk mengikat leher binatang. Kalian yang memiliki kambing pasti pernah membuat simpul laso untuk mengikat kambing kalian. Untuk cara menbuat simpul laso bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Simpul Laso
Contoh Membuat Simpul Laso

7. Simpul Anyam (Sheet Bend)
Dalam pramuka simpul ini sering digunakan untuk menyambung dua utas tali yang tidak sama besarnya dan dalam keadaan yang kering. Cara membuat simpul anyam cukup mudah bisa kalian contoh dari gambar berikut ini.

Contoh Membuat Simpul Anyam
Contoh Membuat Simpul Anyam

8. Simpul Anyam Berganda (Double Sheet Bend)
Kegunaan simpul ini untuk menyambung 2 utas tali yang ukurannya tidak sama besar dan tidak licin. Untuk cara menbuat simpul anyam berganda bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara Membuat Simpul Anyam Berganda
Cara Membuat Simpul Anyam Berganda

9. Simpul Anyam Rantai
Dalam pramuka simpul anyam rantai sering kita jumpai dan dibilang sangat mudah membuatnya. Simpul ini sering digunakan untuk memendekkan tali supaya terlihat lebih rapih. Untuk cara menbuat simpul anyam rantai bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara Membuat Simpul Anyam Rantai
Cara Membuat Simpul Anyam Rantai

10. Simpul Ujung Tali / Anyam Ujung
Simpul ini berfungsi agar tali pintalan yang ada pada ujung tali tidak mudah lepas. Untuk cara menbuat simpul anyam ujung bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh. 

Cara Membuat Simpul Anyam Ujung
Cara Membuat Simpul Anyam Ujung

11. Simpul Tiang (Browline Knot)
Simpul ini berfungsi untuk mengikat benda hidup atau leher binatang dengan tujuan agar yang diikat tidak terjerat atau untuk menambatkan tali pengikat binatang oada pohon supaya binatang itu tidak bisa bergerak dengan bebas. Untuk cara menbuat simpul tiang bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara Membuat Simpul Tiang
Cara Membuat Simpul Tiang

12. Simpul Kembar
Pada tali temali dalam pramuka terdapat simpul nelayan, simpul inggris dan simpul portugis, simpul tersebut merupakan gabungan dari 2 buah simpul hidup pada masing-masing ujung dari 2 utas tali sehingga tidak terlalu sulit jika kamu mau membuatnya. 

Contoh Simpul Kembar
Contoh Simpul Kembar

Simpul ini memiliki berfungsi untuk menyambung 2 utas tali yang sama besarnya bisa digunakan dalam keadaan basah atau licin.

13. Simpul Erat
Simpul ini digunakan untuk memendekkan tali tanpa harus memotongnya. Untuk cara membuatnya bisa lihat gambar dibawah ini.

Contoh Simpul Erat
Contoh Simpul Erat

14. Simpul Tambat (Timber Hitch)
Simpul yang memiliki fungsi sama seperti simpul silang dan simpul palang. Simpul ini digunakan untuk memulai ikatan atau bisa digunakan untuk menyeret sebuah benda seperti balok. Untuk cara menbuat simpul tambat bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara Membuat Simpul Tambat
Cara Membuat Simpul Tambat

15. Simpul Penarik
Simpul yang sering digunakan untuk menarik suatu benda/barang yang ukurannya lumayan besar seperti pohon dan sebagainya. Untuk cara menbuat simpul penarik bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara Membuat Simpul Penarik
Cara Membuat Simpul Penarik

16. Simpul Gulung
Simpul untuk diikatkan pada tali penarik dengan tujuan gara orang lain bisa membantu menarik. Untuk cara menbuat simpul gulung bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara Membuat Simpul Gulung
Cara Membuat Simpul Gulung

17. Simpul Kursi
Simpul yag sering digunakan untuk mengangkat atau menurunkan suatu benda atau orang pingsan. Untuk cara menbuat simpul kursi bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Simpul Kursi
Contoh Simpul Kursi

18. Simpul Pengunci
Simpul yang dibuat dengan tujuan untuk menghindari lepasnya ujung tali dari ikatan yang berbentuk lingkaran pada tali tersebut.

Contoh Simpul Pengunci
Contoh Simpul Pengunci

19. Simpul Prusik
Simpul yang digunakan sebagai pengganti alat ascendeur karena simpul ini pada awaknya untuk menaiki tali kermatle yang lebih besar diameternya. Untuk cara menbuat simpul perusik bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara Membuat Simpul Perusik
Cara Membuat Simpul Perusik

20. Simpul Tiang Berganda
Simpul yang sering digunakan untuk mengangkat atau menurunkan benda atau manusia. Untuk cara menbuat simpul Tiang Berganda bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara Membuat Simpul Tiang Berganda
Cara Membuat Simpul Tiang Berganda

21. Simpul Tangga Tali
Simpul yang digunakan unuk membuat tangga tali. Simpul ini sangat mudah dibuat. 

Contoh Simpul Tangga Tali
Contoh Simpul Tangga Tali

Itulah sebagian dari beberapa simpul yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya masih banyak lagi simpul yang cukup sulit dibuat namun kegunaannya sangat bermanfaat.

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top