OSIKU

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

4/18/2017

Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern

Perbedaaan Manusia Purba dan Manusia Modern - Hay sobat Manyun Osd. Pada saat saya kelas 10 dan mendapat tugas Mapel Sejarah Indonesia tepatnya tugas tentang perbedaan manusia purba dan manusia sekarang (modern). Seperti yang kita ketahui tentang manuisa purba dan manuisa modern memiliki perbedaan yang sangat jelas. Mulai dari perbedaan ciri-ciri bentuk tubuh, gaya hidupnya, kebudayaan dan sebagainya. Berikut akan dijelaskan perbedaan manusia purba dan manusa modern sekarang. 

Perbedaaan Manusia Purba dan Manusia Modern - Hay sobat Manyun Osd. Pada saat saya kelas 10 dan mendapat tugas Mapel Sejarah Indonesia tepatnya tugas tentang perbedaan manusia purba dan manusia sekarang (modern). Seperti yang kita ketahui tentang manuisa purba dan manuisa modern memiliki perbedaan yang sangat jelas. Mulai dari perbedaan ciri-ciri bentuk tubuh, gaya hidupnya, kebudayaan dan sebagainya. Berikut akan dijelaskan perbedaan manusia purba dan manusa modern sekarang.
Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern 

Ciri-Ciri Manusia Purba :
1. Tertutup, seperti yang kita ketahui manusia purba suka tinggal di gua-gua, tidak menerima orang asing, manusia purba juga seorang kanibal (Memangsa manusia atau sesama). Manusia purba memiliki pribadi yang tertutup karena rendahnya intelektual mereka, bahkan mereka tidak suka berkomunikasi secara verbal, bahasa mereka lebih cenderung ke bahsa seperti orang sedang emosi, sedikit mirip dengan hewan, sangat mudah tersinggung  dan sensitif.

2.Emosional, karena manusia purba kurang menerima dunia luar dan suka hidup tertutup/menyendiri, maka manusia purba lebih mudah marah, sangat egois (selalu mementingkan diri sendiri) dan suka memfonis berdasarkan kondisi moodnya.

3. Bukan mausia pemikir tapi lebih suka menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang dihutan dan  bersama koloninya.

4. Membangun kekuatan sosial dari koloni, mirip serigala, dan koloni merekalah yang menjadi basis kekuatan.

5. Anti berdialog (tidak suka berbicara dengan sesama) atau tidak suka berdiskusi.

6. Seorang manusia yang ganas atau suka menghakimi karena mereka hidup tanpa aturan hanya menggunakan hukum RIMBA (siapa yang kuat dia yang hidup).

7. Suka membenci. 

Ciri-Ciri Manusia Modern (Sekarang) :
1. Berpikir terbuka, Manusia modern mempunyai sifat berpikir terbuka dalam menjalani kehidupan.

2. Dialogis, suatu proses penyampaian pesan antar personal yang menunjukkan adanya interaksi.

3. Mudah bersahabat, manusia modern sangat memperlihatkan rasa senang berbicara bergaul dan bekerja sama dengan orang lain yang sering kita anggap dengan bersahabat.

4. Kreatif, manusia modern dikaruniai sebuah otak yang pintar dari makhluk yang lain, sehingga manusia sekarang kreatif dalam menjalankan kehidupan.

5. Berpikir positif, manusia modern pola pikir merupakan cara otak dan akal menerima, memproses, menganalisis, mempersepsi, dan membuat kesimpulan terhadapt informasi yang masuk melalui indra. Pola pikir positif akan membawa dampak positif bagi penganutnya, kalo berpikir negatif akan membawa dampak negatif.

6. Konstruktif dalam berpikir,

7. Bertanggung jawab, tanggung jawab dimiliki oleh setiap manusia modern. Kesadaran manusia modern terhadap tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun tidak yang tidak sengaja, berbuat dalam mewujudkan kesadaran akan kewajiban merupakan tanggung jawab dalam masa sekarang yang terdapat manusia modern. 

8. Mudah diajak kerja sama, karena manusia modern atau makhluk sosial, merupakan makhluk yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan makhluk lain dan harus saling membantu sama makhluk lain. Pada manusia sekarang kemampuan setiap orang berbeda dan dengan kemampuan kita yang berbeda, kita diciptakan untuk saling membantu dan melengkapi. 

9. Bisa menahan marah, manusia modern dapat menahan marah, murka, gusar,  berang, kemarahan, keberangan, kegusaran dan emosi yang merupakan reaksi emosional akut akibat ditumbulkan oleh sejumlah situasi yang merangsang seperti kekecewaan, frustasu, acaman dan sebagainya biasanya dicirikan oleh reaksi kuat pada syaraf otomonik .

Perbedaan dari Segi  Fisik :
Dijaman manusia purba, fisik mereka sangat kuat karena mereka bekerja keras dengan apapun yang ada di masa mereka. Tubuh manusia purba lebih mirip seperti manusia kera karna badannya membungkuk. mulai dari batu untuk membuat api, dan jerami-jerami untuk berteduh (tidur), dan untuk jaman modern, manusia modern (sekarang) memiliki ciri bentuk tubuh manusia lebih tegak juga cenderung sudah bukan gubuk atau jerami melainkan rumah, untuk tempat berteduh.

Perbedaan dari Segi Budaya :
Manusia purba tidak mempunyai banyak budaya, pada zaman manusia purba budaya mereka cenderung hanya hidup mengelompok satu dengan yang lain sesama spesies, dan kemungkinan keagamaan nya pun di jaman purba berbeda dibanding dengan jaman modern karena jaman dulu lebih banyak mitos-mitos. Dari segi berpakaian mereka hanya menggunakan jemai-jeramai (daun-daunan/ilalang), sangat berbeda jauh dengan manusia modern yang kebanyakan sudah lebih tahu agama mereka masing-masing dan bagaimana cara beribahasa sesuai kenyakinan. Pakaian manusia modern sudah sangat layak dikenakan oleh tubuh, memakai pakaian yang terbuat dari kain. Ada juga manusia yang masih memakai jemai-jeramai (daun-daunan/ilalang) pada zaman modern contohnya disuku pedalaman di pulau Papua tapi udah sangat jarang kita jumpai.

Berdasarkan Cara Mengasuh Anak :
Pasangan zaman purba, manusia purna jauh lebih ahli dalam mangasuh anak dari pada pasangan zaman sekarang, menurut psikolog. Pasangan purba lebih mengerti bayinya dari pasangan modern. Profesor Darcia Narvaez yang berasal dari University of Notre Dame di Indiana mengatakan pasangan modern biasa meninggalkan bayi mereka menangis, meninggalkannya di keranjang bayi dan tempat duduk mobil untuk waktu yang lama tanpa membiarkan mereka bebas menjelajah.

Berbeda dengan manusia purba, mereka memeluk dan membawa serta bayi mereka kemanapun mereka pergi. Mereka juga sering menghabiskan banyak waktu di luar ruangan bersama bayinya, selain itu mereka menyusui bayi mereka selama beberapa tahun bukan hitungan bulan.

Tidak seperti manusia/keluarga modern, komunitas purba mengandalkan keluarga mereka untuk menjaga bayinya. Narvaez mengatakan, “orang selain ayah dan ibu yang menyayangi bayi mereka boleh menjaganya.”

Berdasarkan Cara Bertahan Hidup :
Antara manusia purba dan manusia modern yaitu di masa dulu dan masa sekarang manusia sama-sama bertahan hidup... kalo manusia purba bertahan hidup nya dengan cara berburu dan meramu kalo manusia kini bertahan hidup nya dengan cara yang lebih beradab yaitu dengan bekerja untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunder.

Itulah materi Perbedaaan Manusia Purba dan Manusia Modern semoga bermanfaat bagi kalian semua khususnya pelajar. Salam Dahsyat dari Manyun Osd. 

Judul : Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern 
Kategori : Sejarah Indonesia

2 komentar

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top